KPU Rokan Hulu Bincang-Bincang Seputar Pilkada 2020 di Era New Normal

Bagikan Berita

kpu-rokanhulu.go.id (29/07/2020) Rabu 27 Juli 2020 KPU Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan Sosialisasi terkait Pilkada Serentak di Era New Normal. Kegiatan ini dilaksanakan di Radio Swara Lima Luhak Pemda Rokan Hulu melalui gelombang 104,4 FM. Azhar Hasibuan selaku Divisi Hukum dan Pengawasan serta Asri Siregar selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rokan Hulu bertindak sebagai Narasumber pada acara tersebut. 

Dalam perbincangan tersebut diawali oleh pertanyaan tentang apakah ada perbedaan Pilkada sebelumnya dengan Pilkada Tahun 2020 ini di tengah Pandemi Covid19. Hal ini dijawab oleh Azhar Hasibuan dengan penjelasan bahwa Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 secara teknis tidak mempunyai perbedaan, namun dikarenakan pelaksanaan ini diadakan ditengah kondisi Pandemi Covid19 tetap dijalankan dengan mengikuti Protokol Covid19, seperti contoh kegiatan dengan mengumpulkan orang banyak misalnya pada saat pelaksanaan kampenye. Di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 merekomendasikan pelaksanaan kampanye diadakan secara Daring, namun dalam hal secara Daring tidak dapat dilaksanakan maka boleh dilaksanakan di luar ruangan dengan ketentuan kapasitas tidak boleh melebihi 50% dari kapasitas ruangan. 

Dalam perbincangan ini dibahas juga mengenai kendala-kendala apa saja yang dialami dalam pelaksanaan Pilkada Tahun 2020, dalam hal ini ditanggapi oleh Asri Siregar selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi bahwa semenjak adanya pandemi Covid19 menyebabkan Pilkada Serentak yang awalnya dijadwalkan pelaksanaannya di tanggal 23 September 2020 sempat tertunda selama 3 bulan.

Dalam perbincangan itu juga dibahas tentang apakah ada sosialisasi nantinya dari KPU agar masyarakat kita mau menggunakan hak pilihnya, apalagi ditambah dengan kondisi pandemi Covid19. Hal ini dijawab oleh Asri Siregar, bahwa KPU dalam pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 tetap akan melaksanakan kegiatan Sosialisasi, untuk mengatasi kekhawatiran dari masyarakat akan adanya Covid19 ini Komisi Pemilihan Umum telah mengeluarkan peraturan bahwa masyarakat akan tetap dilindungi terhadap penyebaran Covid19 misalnya selain dari petugas TPS yang dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri lengkap masyarakat juga harus diwajibkan menggunakan masker, dan juga jumlah pemilih dalam 1 (satu) TPS tidak melebihi dari 500 Pemilih.

Di tempat yang terpisah pada hari yang sama juga dilaksanakan sosialisasi secara Talkshow melalui Radio ABA FM Ujung Batu melalui gelombang 101,6 FM. Sebagai narasumber adalah Ketua KPU Kabupaten Rokan Hulu Elfendri selaku Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga serta Cepi Abdul Husen selaku Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM yang mengangkat tema tentang Tahapan, Pendidikan Pemilih dan Pengaturan Khusus dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Dalam perbincangan itu harapan dari KPU Kabupaten Rokan Hulu semua yang memiliki Hak Pilih pada tanggal 9 Desember 2020 nantinya dapat memberikan Hak Suaranya.

FOTO DOKUMENTASI

 

Total Page Visits: 898 - Today Page Visits: 2

Admin KPU Rohul

Website Resmi KPU Kabupaten Rokan Hulu

Leave a Reply

Close Menu