KPU Kabupaten Rokan Hulu Hadiri Konreg Peningkatan Parmas di Bukit Tinggi

Bagikan Berita

kpu-rokanhulu.go.id (29/08/2019) KPU Kabupaten Rokan Hulu Divisi Parmas, Kampanye & SDM menghadiri acara Konsolidasi Regional Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Kota Bukit Tinggi 28-30 Agustus 2019) yang ditaja oleh KPU RI. 

Acara dibuka pukul 20.41. Wib yang diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh Kasubag Parmas Regional I KPU RI. Dilanjutkan dengan pembacaan Doa secara Islam, dan diteruskan dengan lagu tari pasambahan, dan penyematan selandang khas Ranah Minang.

Berikut adalah beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam acara tersebut :

  1. Laporan Ketua Panitia
    Ibu Syarifah dalam Laporannya menyampaikan bahwa target Partisipasi Masyarat Pemilu 2019 yaitu 77.5 % Alhamdulillah dapat tercapai, malahan justru mencapai 81 %. Pada Pilkada Serentak 2020 beliau berharap target yang sudah tercapai pada Pemilu 2019 dapat dipertahankan, tentunya diimbangi dengan usaha yang maksimal. Beliau menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Konreg ini adalah untuk mengatur strategi menjelang Pemilihan Pilkada Serentak tahun 2020 dan sekaligus memperkuat solidaritas SDM KPU se-Indonesia.
  2.  Sambutan oleh Wali Kota Bukit Tinggi
    Sambutan oleh Ramlan Nurmatias. Beliau menyampaikan ucapan Penghormatan, bercerita tentang Sejarah Bukit Tinggi, pernah menjadi Ibu Kota Negara, PDRI, Ibu Kota Agam hingga sekarang menjadi Kota Bukit Tinggi. Banyak Pahlawan yang lahir di sini. Dari 9 Anggota Panitia 9, 5 diantaranya adalah orang Sumatera Barat. Bukit Tinggi juga memiliki banyak kota tujuan Wisata, sehingga sangat tepat jika Bukit Tinggi dijadikan tuan rumah dalam kegiatan Konsolidasi Regional ini. Beliau juga berpesan, bahwa untuk mencapai keberhasilan dalam menjalan tugas sebagai Penyelenggara Pemilihan diharapkan harus menguasi tiga hal, yaitu Kuasai Atura, Transparan dan Tidak Memihak.
  3. Sambutan Asisten 1, Gubernur Sumatera Barat
    Dalam Sambutannya, beliau Membacakan Pidato Gubernur Sumbar. Sedianya wakil Gubernur akan hadir, permohonan maaf beliau sampaikan mendadak tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain. Dalam Sambutannya, beliau menyampaikan Penghormatan kepada tamu undangan.
  4. Sambutan Sekaligus Pembukaan Acara oleh Ketua KPU RI
    Sambutan disampaikan oleh Ketua KPU RI Arif Budiman. Beliau menyampaikan Penghormatan kepada Bapak ZA, Komisi II, Kolega dari KPU RI dan Bawaslu RI, Ketua DKPP, Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Bapak Gubernur/Mewakili, Bapak Sekjend, Ketua dan Anggota KPU Sumatera Barat kemudian kepada semua peserta Konreg. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih karena tingkat Partisipasi Masyarakat pada Pemilu tahun 2019 melibihi target Nasional. “Setelah selesai menyelesaikan satu pekerjaan, kita harus memikirkan tentang apa hal yang harus kita persiapkan untuk kedepannya, Pertama adalah Partisipasi Masyarakat yang tinggi, Kedua adalah Situng untuk memberikan Pesan Transparansi kepada Publik. Tahun ini kita bisa Upload hasil Pemilu sebesar 98,4 % dari 850 ribu lebih TPS. Ketiga adalah soalan sengketa Pemilu, Pemilu lau ada 500-an lebih sengketa, tahun ini sengketanya lebih rendah yaitu sekitar 200 sengketa namun yang hanya dikabulkan oleh MK hanya belasan sengketa saja” ujar beliau dalam sambutannya.
  5. Pembukaan Ditutup dengan Pemberian Plakat
    Ketua KPU RI menutup sambutannya (22.10 Wib) dengan memberikan Plakat kepada tamu undangan, selanjunya adalah kegiata hiburan Tari Piring khas Sumatera Barat.
  6. Pengarahan oleh Ketua Komisi II
    Zainudi Amali dalam sambutannya menyampaikan penghormatan kepada para pihak. Beliau menyampaikan “Disaat banyak yang menghujat KPU, saya adalah orang pertama yang membela KPU. Kami masih percaya bahwa KPU masih memiliki integritas dan Kapabilitas KPU, dan terbukti Pemilu bisa diselesaikan dengan baik. Bahkan kemarin ada yang meminta penggantian KPU, namun saya tetap pada pendirian bahwa KPU se-Indonesia mampu menjalankan tugasnya. Hal ini terbukti, meski ada persoalan, namun kita patut bangga bahwa ini adalah Pemilu terbesar, terumit dan kita mampu melewatinya.
  7. Bawaslu RI
    Sambutan disampaikan oleh Mochammad Afifuddin. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan penghormatan kepada peserta Konreg. Saya mewakili Bawslu mengucapkan apresiasi tinggi kepada KPU yang telah melaksanakan Pemilu 2019 dengan baik. Sebagai mitra, kami merasa KPU dan Bawaslu telah bekerja dengan baik. Saya tahu, tidak semua kita suka diawasi, termasuk kerja-kerja Bapak/Ibu. Namun kita harus tetap menjalankan tugas sesuai dengan Regulasi yang ada,  termasuk pengawasan Pemilu.
  8. DKPP
    Sambutan disampaikan leh Prof. Dr. Harjono. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat kepada KPU karena telah menetapkan Presiden dan Wakil Presiden pada 21 Mei 2019 lalu. (kpu rohul/ed diR)

FOTO DOKUMENTASI KEGIATAN

Total Page Visits: 451 - Today Page Visits: 2

Admin KPU Rohul

Website Resmi KPU Kabupaten Rokan Hulu

Leave a Reply

Close Menu