Debat Pilpres Strategis Bagi Pemilih Berdaulat

Bagikan Berita

Jakarta, kpu.go.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman resmi membuka kegiatan Debat Calon Presiden-Calon Wakil Presiden pada Pemilu 2019, Kamis (17/1/2019). Mengenakan batik cokelat, Arief dengan gagah mengundang masyarakat untuk menikmati jalannya debat yang dapat menjadi ruang bagi masyarakat dan membuat debat sebagai referensi saat menggunakan hak pilih.

“Debat ini tidak hanya penting dan strategis bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden tetapi juga pemilih yang berdaulat, pemilih akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendukung dan membuat peminjam calon presiden dan wakil presiden sebagai salah satu referensi penting saat menggunakan hak konstitusionalnya pada hari pemungutan suara tanggal 17 April 2019, ”ucap Arief di Hotel Bidakara Jakarta.

Sebelumnya Arief mengatakan bahwa pelaksanaan debat kali ini terasa istiwewa karena menjadi sejarah baru dalam perjalanan demokrasi di Indonesia. Yang pertama kali menghadiri kampanye debat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden bersamaan dengan gegap gempitanya kampanye pemilu legislatif. "Dan masing-masing pasangan calon diberikan kesempatan yang sama untuk memaparkan visi-misi, program mereka tentang Hukum, HAM, Korupsi dan terorisme," kata Arief.

Di akhir sambutan Arief menyebut debat strategis untuk mewujudkan pemilu berintegritas dan berkualitas. "Berdebat itu biasa, perbedaan pendapat adalah keniscayaan dalam demokrasi, debat yang bermanfaat, pemilih berdaulat negara indonesia kuat," tutupnya.

Sebagai informasi, debat pertama mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme dan berlangsung selama enam segmen mulai dari segmen pertama penyampaian visi dan misi; segmen kedua pendalaman visi dan misi terkait tema Hukum dan HAM; segmen ketiga pendalaman visi dan misi terkait tema Korupsi dan Terorisme;segmen keempat debat dan saling bertanya tema Hukum dan HAM; segmen menanyakan debat dan saling bertanya tema Korupsi dan Terorisme; dan pernyataanterakhir penutupan segmen .

Debat berikutnya akan kembali diselenggarakan KPU pada Minggu (17/2/2019) mengangkat tema Energi dan Pangan; Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup; serta Infrastruktur. ( hupmas kpu ri bil / foto: dosen / ed diR )

Total Page Visits: 356 - Today Page Visits: 1

Admin KPU Rohul

Website Resmi KPU Kabupaten Rokan Hulu

Leave a Reply

Close Menu